Cara Menyetir Mobil Manual


  Tentang cara menyetir mobil manual, Sahabat sekalian,keahlian menyetir atau mengemudi mobil sudah menjadi hal yang wajib di era modern ini,meski untuk perempuan sekalipun.Pastinya lebih memudahkan dalam segala urusan.Seperti saat anda bisa menyetir mobil maka akan menjadi nilai plus saat melamar pekerjaan,mudah bepergian karena tidak perlu sopir,dan bisa juga mengurangi ongkos mudik karena tidak perlu sewa sopir.


Supaya anda bisa menyetir dan ahli roda kemudi dalam 5 hari,anda harus mempunyai niat dan kemauan yang keras serta mau bekerja keras.Tentu sahabat bertanya apa bisa kita mengausai tehnik cara menyetir mobil manual selam 5 hari,jawabannya bisa ya dan sangat bisa.tergantung seberapa inginnya anda untuk bisa menyetir,Ok langsung saja ya karena kita akan mempelajari cara menyetir mobil manual,maka anda harus siapkan Mobil bertranmisi manual,kalo bisa yang ber bodi besar seperti panther.kemudian ajak rekan yang sudah mahir menyetir ,silahkan ajak saudara,sahabat atau pacar anda.Selain itu,ada faktor penting lainnya yaitu luangkan waktu 5 HARI berurutan untuk berlatih.Kenapa harus berurutan?Tentunya agar lebih fokus dan hasil maksimal.Berikut beberapa rangkuman singkat tentang belajar mengemudi dalam 5 hari :

1. Hari Pertama



Di hari pertama ini anda mulai dengan mengenal semua tentang mobil anda,mulai dari prosedur pengecekan level oli mesin,kekencangan belt, dan kebocoran" oli,bensin/solar,minyak rem dan lain lainnya.(ini wajib anda kuasai karena menentukan keselamatan anda beserta keluarga.)Setelah itu anda masuk dan mulai duduk di kursi kemudi,pahami semua panel mobil dan perangkat kemudi seperti saklar" ,tuas persenelling,roda kemudi.Anda juga harus tahu posisi pedal gas,pedal rem serta pedal kopling.

Setelah itu mulailah menghidupkan mobil anda,lihat panel dash board disitu ada tanda" vital seperti lampu pengisian,monitor temperatur  dan lainnya.pahami detail simbol-simbol itu agar anda tidak kesulitan di lain waktu.Setelah itu pahami semua penggunaan lampu,klakson,wiper panel ac dan lampu tanda bahaya. Pelajari juga etika menggunakan kelengkapan mobil tadi dijalan.

Selanjutnya,mulailah menghidupkan mesin tanpa memasukkan roda gigi,coba mulai mainkan roda kemudi hanya sekedar pengenalan ,injak pedal gas untuk untuk menaik turunkan rpm mesin.Injak pedal kopling dan rem untuk mengetahui jarak bebas pasal sebelum menggerakkan sistem masing-masing.
Di hari pertama ini  anda boleh menghidupkan mesin,kemudian mencoba  maju mundurkan mobil hanya 1 meter saja,sekedar untuk pengenalan unit.

2. Hari Kedua



Belajar menyetir mobil manual di lapangan.Minta teman anda untuk membawa mobil ke lapangan.Di sini anda mulai menghidupkan engine mobil anda Pakai sabuk pengaman anda, kemudian mulai injak pedal kopling masukkan gigi 1 ,lepaskan rem tangan anda kemudian lepas kopling perlahan bersamaan dengan menginjak pedal gas,mulailah menjalankan mobil perlahan dengan konstan ,tanpa mati dan tersengal sengal.Jalankan hingga anda benar benar telah menikmatinya,dan mobil berjalan lancar ,kemudian injak pedal kopling penuh,injak rem kemudian matikan engine mobil anda.mulailah dari awal lagi hingga benar" mahir.
Terus terang di bagian ini termasuk yang paling sulit ,untuk mendapatkan feeling kombinasi gas,kopling dan persenelling.Coba terus hingga gerakan menjadi halus,Lanjutkan dengan maju mundur lurus,berbelok ke kiri dan kanan hingga anda rileks dan nyaman menjalankannya,Jika dirasa cukup mulailah ke jalan raya yang sepi latih reflek anda untuk menghentikan mobil tanpa harus mati mesin,caranya injak pedal kopling penuh,injek rem kemudian netralkan gigi.Target hari kedua sampai di level jalan di jalan sepi dan memiliki reflek menghentikan mobil.

3. Hari Ketiga


Awali dengan pemanasan menyetir sendiri keliling lapangan tanpa rekan ,setelah itu kita lanjutkan turun ke jalan komplek,Ingat jangan ngebut karena banyak anak di komplek perumahan,gunakan kecepatan max 20 km//jam.Anda belajar menguasai tehnik menyetir di jalanan lurus,menyetir belok kanan dan belok kiri.Ingat,Selalu gunakan lampu sein ketika berbelok.Selain itu ketika berada di belokan sempit perhatikan bagian belakang mobil anda dari benturan.Saat kita berbelok ke kanan tentu lebih sulit karena harus memotong jalur lawan,berbeda ketika belok ke kiri,itulah kenapa kita wajib menggunakan lampu sein sebagai tanda.Target hari ketiga anda harus bisa menguasai jalanan komplek.

4. Hari Keempat


 Sahabat untuk hari keempat ini adalah menaklukkan tanjakan.Ini bagian yang dahulu saya rasakan paling menguras keringat.Bayangin ditanjakkan harus berhenti dan di belakang kita ada mobil lain menempel.Kebayang kalo melorot mundur,bisa berabe kan!.Langsung aja ,yuk cari medan menanjak yang cukup sepi untuk berlatih,agar lebih leluasa jika mobil melorot mundur.Perlu diketahui saat menanjak Rem kaki tentunya tidak bisa kita gunakan karena saat kita berpindah pedal ada jeda waktu yang mengakibatkan mobil mudur.Jadi solusinya?Ada dua cara ,pertama kombinasi rem tangan ,pedal gas dan kopling yang kedua kombinasi pedal kopling dan gas.

Untuk yang pertama ini paling cocok dan masih saya gunakan ,karena memang lebih aman dan nyaman,kita bisa bebas bergerak, kaki kita juga bisa istirahat sejenak,serta mencegah mobil mundur.Nah,saat kita mau mulai jalan, caranya hampir sama dengan penggunaan rem kaki ,hanya saja waktu melepas rem tangan posisi kita sudah mulai injak gas dan persenelling di gigi 2/1,jadi mobil tidak akan melorot mundur.

Selanjutnya,untuk trik yang kedua ini cocoknya bagi mereka yang sudah expert di bidang penyetiran,dan juga jam terbang karena harus menyesuaikan antara gas dan kopling di persenelling gigi 1/2,selain memang susah trik ini juga bisa beresiko menimbulkan komponen mobil itu sendiri,karena memaksa mesin untuk menahan berat unit.bisa anda coba jika anda sudah nyaman dalam keahlian menyopir.Sahabat sekalian ulangi lagi cara yang Anda gunakan untuk berhenti dan mulai jalan di tanjakan.Target hari ini dapat berhenti dan jalan di tanjakan tanpa mesin mati dan mobil melorot mundur.

5.Hari terahir


 Setelah sahabat menguasai medan tanjakan,medan jalan kompllek selanjutnya adalah dasar parkir mobil.Disini sahabat sekalian belajar untuk memarkir mobil dengan lurus.bagi pemula memarkir mobil yang lurus jadi tantangan tersendiri ,apalagi jika lokasi parkir sempit,tentunya anda tidak mau bersenggolan dengan yang lain.kuasai tehnik parkir maju sejajar,kemudian parkir mundur dengan patokan satu sisi spion,setelah memastikan sisi yang lain aman dari benturan.Nah,Jika sahabat sekalian telah menguasai basik parkir mundur ,itu sudah cukup.selanjutnya bisa kita lanjutkan dengan mengembangkan cara meyetir mobil manual jadi lebih rilex dan tenang,tanpa grusa grusu.

Jangan terburu buru untuk memacu di kecepatan tinggi ,karena jika feeling kita belum matang sangat berbahaya.melajulah dengan kecepatan konstan ,dan stabil.cobalah mulai di jalan ramai dengan ditemani rekan yang ahli.sahabat inilah cara menyetir mobil manual selama 5 hari,bila anda serius belajar tentu bisa dipersingkat,namun tetap saja untuk feeling kita hanya akan bertambah dengan lamanya jam terbang.jangan lupa untuk selalu mengawali kegiatan dengan doa,

 Simak video singkat di bawah ini :








silahkan share artikel ini ke saudara anda,teman atau tetangga anda....





wdcfawqafwef