Cara Menyetir Mobil Matic

Sahabat sekalian,karena banyaknya permintaan di Facebook dan Google tentang cara menyetir mobil matic ,maka saya putuskan untuk menulis artikel ini ,Secara umum telah kita ketahui bersama jika mobil dibagi menjadi dua tipe,Yaitu bertranmisi manual dan bertranmisi matic.Perbedaan awam  kedua tipe ini ada di jumlah pedal,tranmisi manual terdiri dar 3 pedal yaitu kopling rem dan gas.Sedangkan mobil matik hanya ada 2 pedal yaitu gas dan rem.Untuk perbedaan mendalam sudah banyak tersaji di media online lainnya.Langsung saja,Tentunya ada plus minus tersendiri tiap jenis persenelling ini.Tergantung kita mau memilih yang mana,apakah yang serba manual atau serba otomatis yang tentunya dengan settingan " yang peru ketelitian dan pemahaman.

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
Mobil Matic


Bagaimana cara mengemudikan keduanya?

Untuk mobil manual ,cara menyetir mobil manual selama 5 hari telah di bahas di artikel sebelumnya,sedangkan untuk mobil tipe matic ,cara menyetir mobil matic akan kita perdalam di artikel ini.
Seperti halnya mobil manual ,cara menyetir mobil matic pun sama,perbedaan mendasar pada bagian penggunaan kopling dan perpindahan tranmisi ,karena tipe matic perpindahan gigi tranmisi secara otomatis tanpa perlu pedal kopling.
 Untuk lebih jelasnya,berikut 9 metode menyetir mobil matic :

1. Pastikan ada paham semua basic belajar menyetir,jika belum simak dulu di materi dasar menyetir mobil manual , disitu dibahas segala hal yang perlu kita lakukan sebelum dan selama belajar menyetir mobil.Karena tingkat resiko mobil matic yang lebih besar dari pada mobil manual saat belajar .Saat kita lalai lupa antara gas dan rem ,mobil matic akan nyelonong karena tidak adanya kopling,sedangkan mobil manual cenderung lebih aman karena ada kopling yang masih bisa memutus putaran mesin ke tranmisi.

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
Tuas Persenelling Matic

2. Selalu gunakan safety belt sebagai keamanan anda,kemudian pastikan Tuas tranmisi pada posisi N (netral) atau P(parkir)ketika menghidupkan engine mobil matic anda.Hal ini sebagai pengaman yang di desain oleh pabrikan,dan jika tidak di posisi itu mobil tidak dapat dihidupkan.


http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
perpindahan persenelling
3.Panaskan mesin hingga suhu kerja tranmisi tercapai sembari anda memantau semua indikator mobil dalam kondisi normal.beberapa merk mobil otomatis mendesain agar perpindahan percepatan otomatis tidak lancar jika suhu tranmisi belum tercapai.

4. Selalu injak pedal rem ketika perpindahan tranmisi dari N ke D,P ke R ataupun sebaliknya.Pengereman saat perpindahan gigi tranmisi ini dimaksudkan sebagai pengaman komponen tranmisi ataupun keselamatan anda jika suatu ketika ada ketidak normalan.

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
selalu injek rem saat perpindahan


5. Saat mulai menjalankan mobil  di medan yang normal,pilih Tranmisi D jika ingin maju ,R jika anda ingin mundur .Saat anda akan melewati tanjakan atau pun turunan serta jalanan licin yang memerlukan bantuan pengereman pindahkan tranmisi ke posisi 2.Selanjutnya jika akan melewati jalanan curam baik menurun atau menanjak pindahkan tranmisi ke posisi 1 atau L

6. Silahkan Pilih Mode Ekonomis atau Power jika tersedia
Mode ekonomis dipakai di jalanan yang sering macet,atau saat anda ingin berkendara santai yang intinya untuk menghemat BBM,di mode Ekonomis ini timing perpindahan tranmisi otomatis tejadi lebih cepat.Untuk mode Power atau Sport (S) perpindahan tranmisi otomatis di perlambat untuk mendapatkan akselerasi ataupun saat memerlukan energi tambahan saat jalanan menanjak.

7. Pergunakanlah tombol OD atau geser tranmisi ke gigi 3.(jika tersedia)Untuk bisa melaju di maksimal persenelling gigi 3.Pergunakan saat akan menyalip kendaraan dengan kecepatan diatas 61 km/jam,atau ketika anda di paksa melaju di tanjakan panjang .Perlu anda ketahui saat posisi OD Off menyala berarti kendaraan anda dibatasi di gigi 3.

8. Pergunakan pengoperasian mode M jika tersedia ,anda bisa memindahkan gigi layaknya mobil manual tinggal geser tuas( - )untuk mengurangi kecepatan dan( + )untuk menambah kecepatan pada mode M pastinya.

9. Berhati hatilah ketika memindahkan dari gigi tinggi ke lebih rendah contohnya dari 3 ke 2 kemudian ke 1/L.Atau dari posisi D ke 2 lalu ke 1.Selalu perhatikan speed kendaraan anda.Jangan di kecepatan tinggi karena sangat berpotensi merusak komponen Planetary Gear Box.Sebagai tambahan,dalam setiap panduan MOBIL matic terdapat batasan-batasan kecepatan untuk tiap tingkat gigi persenelling.Ikuti prosedur sesuai panduan agar komponen mobil anda lebih awet.

http://blogcaramenyetirmobil.blogspot.co.id/
Saat Menetralkan persenelling


Mengemudi mobil matic memang lebih memudahkan anda yang tidak mau repot injak pedal kopling,namun anda harus paham seluk beluk settingan di mobil matic anda.Tidaklah sulit jika anda fokus mempelajarinya,tentunya jam terbang makin mengasah skill anda dalam menyetir mobil matic ini.

Berikut video tentang metode menyetir mobil matic:




Silahkan praktekkan tips kami dengan didampingi rekan yang telah paham cara menyetir mobil matic.

wdcfawqafwef